Bandung, kamis (19/08/2021) Menindaklanjuti arahan Ketua Mahkamah Agung RI berkenaan   dengan  Peringatan   Hari   Ulang  Tahun   (HUT)   ke- 76   Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2021, berdasarkan surat Sekretaris Mahakamah Agung RI Nomor : 1739/SEK/HM..01.2/8/2021, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bandung Kelas IA Khusus mengikuti kegiatan upacara hari ulang tahun Mahkamah Agung secara virtual yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim dan Pejabat Struktural

Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke-76 bertema “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”. Tema tersebut, menurut Prof. Dr. H. Syarifuddin, SH., MH. dalam pidatonya mengisyaratkan tentang pentingnya aspek kemandirian dalam proses penyelenggaraan peradilan, karena dalam menegakkan keadilan, kemandirianlah yang menjadi jantungnya, sekaligus juga sebagai detak nadinya.

Kemandirian, lanjut Prof. Dr. H. Syarifuddin, SH., MH. bukan saja harus dijaga dengan baik, melainkan juga harus dijunjung tinggi sebagai marwah dan kehormatan lembaga peradilan. Karena, tanpa dibekali dengan kemandirian, mustahil keadilan dapat terwujud dan proses penegakan hukum akan kehilangan ruhnya, sehingga pada akhirnya lembaga peradilan hanya akan menjadi alat pemuas bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Dalam pidatonya, Prof. Syarifuddin berharap bahwa sesulit apapun kondisi yang kita alami saat ini, jangan sekali-kali menyurutkan tekad untuk tetap berbuat yang terbaik dan terus melakukan perubahan yang positif, karena tidak ada kemajuan dan kesuksesan yang bisa dicapai tanpa diawali dengan sebuah perubahan. “Mulailah dengan perubahan yang kecil untuk mewujudkan sebuah cita-cita yang besar,” begitu pesan Prof. Syarifuddin.